top of page
Search
zanikurnia86

Teknologi Chatbot dan Virtual Assistant: Definisi, Manfaat, dan Contoh Implementasinya

Updated: Oct 14

Teknologi membawa menusia pada dimensi dimana pekerjaan manusia akan semakin mudah dan ringan untuk dilakukan. Terobosan baru terus bermunculan memberikan beragam manfaat yang secara langsung dapat dirasakan oleh manusia, Pernah membayangkan sebuah sistem mampu membalas pesan secara otomatis sehingga kamu tidak perlu mengetikkan sejumlah pesan panjang sementara di sisi lain pesan kedua, ketiga, keempat, kelima dan seterusnya yang tidak kalah pentingnya menunggu balasanmu juga?

Atau pernahkah kamu membayangkan sebuah sistem mengingatkan setiap jadwal yang akan kamu lakukan hari ini dan tidak akan membiarkanmu melewatkan meeting dengan client satu menitpun?

Artikel ini akan menjelaskan apa itu Chatbot dan Virtual Assistant, manfaat, dan contoh implementasinya. Baca untuk informasi selengkapnya!

 

Pengertian Teknologi Chatbot dan Virtual Assistant

Teknologi Chatbot merupakan sebuah teknologi yang  dapat membantu manusia dalam melakukan pelayanan kepada orang lain dalam bentuk chat atau pesan. Teknologi ini didasarkan pada teknologi Artificial Intelligence atau AI. Awalnya, Chatbot hanya digunakan untuk membalas pesan teks saja, namun saat ini, Chatbot bahkan sudah sampa di tahap menjawab panggilan video. Ini merupakan bentuk dari perkembangan teknologi sekalipun diketahui bahwa sampai saat ini masih diperlukan pengembangan untuk menyempurnakan hasil dari teknologi Chatbot. Selanjutnya adalah Asisten Virtual. Asisten Virtual merupakan sebuah teknologi pengembangan dari AI atau Artificial Intelligence yang dapat memahami dan menanggapi perkataan manusia baik dalam bentuk tulisan atau bahkan menganalisis ucapan dari seseorang.

 

Contoh Implementasinya Chatbot dan Virtual Assistant

Ingatkan kamu dengan salah satu teknologi milik google bernama Google Assistant? Sudahkah kamu pernah menggunakannya? Pertanyaannnya, apa saja yang bisa teknologi ini perbuat? Jka kamu lupa, pada bagian ini mari kita kupas beberapa mengenai apa saja manfaat yang akan didapatkan olehmu saat menggunakan teknologi ini. Google Virtual Assistant ini dapat membantu manusia untuk memberikan informasi. Google Virtual Assistant terhubung dengan fitur google search sehingga mampu memberikanmu sejumlah informasi yang kamu inginkan hanya dengan menggunakan suaramu. Kamu tidak perlu susah-sudah mengetik lagi, sebutkan saja pertanyaanmu maka Google Virtual Assistant akan dengan responsif menanggapi pertanyaanmu.

Dapat digunakan untuk dengan otomatis menghubungkanmu dengan aplikasi lain. Lagi-lagi hanya dengan suaramu, kamu dapat  memerintahkan Google Virtual Assistant untuk membuka aplikasi lain, contohnya galeri ponsel. Selanjutnya, kepintaran dari Google Virtual Assistant dapat memenuhi pertintahmu untuk mengirimkan pesan, melakukan panggilan, dan yang paing penting adalah mampu menjadi 'real asisten’ dengan mengingatkanmu tentang jadwal apa saja yang akan kamu jalani. Kamu juga akan mendapatkan pengingat saat kamu memerintahkan Google Virtual Assistant untuk membangunkanmu pada pukul berapa menggunakan sistem alarm otomatis.

Penggunaan teknologi Chatbot sendiri cukup banyak dengan tipe penggunaan yang hampir sama. Berikut akan dijelaskan beberapa contoh penggunaannya. Seperti yang sudah disebutkan, Chatbot dapat digunakan untuk secara otomatis untuk membalas pesan. Pernahkah kamu menggunakan Chatgpt? Chatgpt juga dilengkapi dengan fitur Chatbot. Chatgpt dapat merespon dari pesan yang kamu kirim diluar dari pertanyaan terkait informasi tertentu. Contohnya, saat kamu menanyakan kabar pada chatgpt, kamu akan mrendapatkan balasan pesan selayaknya manusia. Ini termasuk contoh dari cara kerja Chatbot yang dapat kamu ketahui. Beralih ke contoh lainnya, saat ini bermunculan berbagai Chatbot yang digunakan untuk membantu manusia di dunia pendidikan.

Ada banyak Chatbot yang memiliki fungsi seperti itu, contohnya Roboguru. Ini merupakan salah satu Chatbot yang nomornya dapat kamu simpan di WhatsApp. Lakukan chat seperti biasa dengan mengirimkan soal-soal yang sedang kamu bingungkan. Saat kamu berbelanja di aplikasi belanja online dan ingin bertanya pada penjual, kamu juga sedang berinteraksi dengan Chatbot juga, lho. Beberapa pertanyaan didesain dengan jawaban ‘template’ sehingga bukan manusia langsung yang memberikan jawaban atas pertanyaan yang kamu kirimkan melainkan bot.

 

Macam Manfaat yang Diperoleh saat Menggunakan ChatBot atau Virtual Assistant

1. Efisiensi Waktu

Dengan menggunakan Chatbot dan Virtual Assistant dapat dipastikan bahwa kamu akan lebih menghemat waktu daripada dikerjakan secara manual menggunakan tenaga manusia. Bayangkan saat kamu harus mengingat seluruh jadwal kegiatanmu yang padat itu dalam satu hari atau saat kamu harus membalas seluruh pesan dengan tipe yang sama dari customer dengan jumlah ratusan itu? Kamu akan kewalahan bahkan bisa saja tidak memenuhi target yang sudah diberikan. Untuk itulah, keberadaan teknologi Virtual Assistant dan Chatbot akan sangat membantu kamu dalam efisiensi waktu.

 

2. Membantu Mengurangi Adanya Kesalahan

Dengan adanya Chatbot dan Virtual Assistant, potensi untuk melakukan kesalahan akan jauh lebih berkurang. Kembali lagi, jika kamu menggunakan metode manual, kamu mungkin akan kesulitan untuk memastikan bahwa seluruh pesan pelanggan dapat dibalas dengan kalimat yang proper ataupun dengan waktu yang cepat. Selain itu, kamu juga akan merasa terbantu dengan adanya ‘seseorang’ yang membantumu mengingatkan jadwalmu hari ini. Kamu bisa saja melakukan kesalahan dengan tidak menghadiri meeting atau rapat dengan client. Baik Virtual Assistant maupun Chatbot sama-sama membantumu mengurangi kesalahan di bidang yang berbeda.

 

3. Beroperasi 24/7

Lain dengan manusia yang tentu ada titik lelahnya, robot tidak demikian. Selagi server dan internet masih aktif, bbot akan terus berjalan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan sesuai yang sudah diprogramkan. Baik Chatbot ataupun Virtual Assistant akan terus beroperasi selama 24/7 selagi tidak ada yang ‘menonaktifkannya’.

  Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa  enggunaan Chatbot dan Virtual Assistant dapat membantu manusia dalam pekerjaannya. Adanya teknologi ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin keberadaannya agar cara hidup manusia dapat berkembang menjadi lebih baik. Manusia tidak perlu menghabiskan tenaga lebih untuk  mengatur jadwal, membalas pesan, melakukan panggilan, ataupun menjawab soal-soal sulit yang mungkin kamu membutuhkan bantuan untuk menjawabnya. Manfaatkan teknologi sebaik mungkin untuk membantumu berkembang menjadi lebih baik. Semoga bermanfaat dan selamat berkarya!


PT. Karya Merapi Teknologi


Follow sosial media kami dan ambil bagian dalam berkarya untuk negeri!

 

Sumber:


 

217 views0 comments

Comments


bottom of page