top of page
Search

Mengenal Beberapa Fungsi Dasar Kode Program pada Pemrograman Arduino

Pada abad ke-21 ini, terhitung perkembangan teknologi dinilai dapat menjangkau seluruh elemen pada kehidupan manusia. Teknologi yang dimaksud didalamnya termasuk perangkat keras dan perangkat lunaknya. Dengan kemunculan berbagai macam jenis kode program baru maupun kode program lama yang dikembangkan kembali memberikan indikasi grafik keberlanjutan dalam bidang teknologi meroket. Selain itu, peminat di industri yang bersentuhan dengan dunia IT, diperkirakan akan terus meningkat seiring bertambahnya kebutuhan manusia akan tuntutan efisiensi dan efektifitas dalam menjalani hidup. Sebagai manusia, ada baiknya untuk tidak hanya menjadi seorang pengguna namun belajar untuk mencipta. Kamu bisa memulainya dengan mengetahui dasar-dasar dari terciptanya suatu teknologi, salah satunya adalah teknologi IoT yang saat ini terus mengalami pertumbuhan melampaui 1 triliun daya belanja sampai pada tahun 2026 mendatang, dilansir dari laman website idc.com. Ini merefleksikan peluang yang sangat menjanjikan untuk berkecimpung dalam dunia teknologi khususnya IoT. Untuk itu, memperbanyak literasi yang berkorelasi dengan teknologi IoT dapat menjadi langkah awal bagi kamu untuk memulai petualangan. Pada artikel ini, kamu akan diajak untuk menyelami beberapa fungsi dasar dari kode program pada Arduino IDE, salah satu perangkat lunak pengolah kode program yang masif digunakan dalam dunia teknologi Internet of Things. Mempelajari kegunaannya dalam tatanan kode program dapat memberikan kamu ilmu baru yang nantinya dapat digunakan untuk menuliskan kode program. yang dapat kamu gunakan dalam pembuatan project IoT secara mandiri. Lantas seperti apa penjelasannya? Simak bacaan berikut ini!

 

Apa Itu Fungsi (Function) pada Pemrograman?

Fungsi atau Function pada Pemrograman merupakan blok kode yang dirancang programmer untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Funtion digunakan untuk memberikan gambaran atau penanda dari setiap blok kode agar lebih tersetruktur dan meminimalisir kekeliruan fungsi kode program jika sewaktu-waktu terjadi modifikasi Pemrograman Arduino sendiri menggunakan bahasa C++. Function ini daoat memudahkan programmer untuk dapat mengatur kode program bersifat looping atau berulang sehingga kode program jauh lebih bersih, ringkas dan mudah untuk dibaca. Selain itu, function memberikan kemudahan dalam melakukan debug. Diketahui function juga digunakan untuk menginisialisi variable dalam kode program, Pada pemrograman Arduino, terdapat dua buah fungsi khusus yang wajib ada dalam setiap kode program yang dibuat,yakni VoidSetup dan VoidLoop.

 

Beberapa Function Dasar pada Pemrograman Arduino

1. Void Setup

Function pada pemrograman arduino satu ini, selaras dengan namanya, untuk set-up kode program yang akan dijalankan nantinya. Biasanya berisi pendeklarasian variabel-variabel atau untuk mengatur pin mode (input atau output). Perlu diketahui bahwa function ini hanya berjalan satu kali saat pertama kali kode program dieksekusi. Setiap kode program di bawahnya memiliki korelasi yang kuat dengan function ini, contohnya kekeliruan penulisan variabel pada blok kode lain yang tidak sama dengan yang ada pada void setup dapat memberikan efek error. Setiap besar kecil huruf atau angka yang dicantumkan harus sesuai dengan yang sudah di set-up di awal program. void setup pada pemrograman arduino dinilai sebagai bagian utama yang harus ada pada struktur kode program, menghapus atau meniadakan function ini berakibat fatal error saat kode program tersebut di compile.

 

int pinLED= 13;
void setup ()
Serial.begin(9600);
{
	pinMode(pinLED, OUTPUT);
}

2. Void Loop

Selain fungsi void setup, fungsi lain yang tdak kalah penting adalah void loop. Selaras dengan namanya, fungsi ini akan terus melakukan looping atau perulangan pada kode program selama board ardino aktif atau menyala. Pada fungsi ini, kontrol yang dilakukan untuk kode program sederhana untuk mengatur nyala dan mati lampu (berkedip) secara berulang. Hal tersebut sudah menjadi contoh nyata implementasi fungsi void loop dalam pemrograman arduino.


void loop()
{
	digitalWrite(pinLED, HIGH);
	delay(1000);
	digitalWrite(pinLED, LOW);
	delay(1000);
}

3. Serial.println dan Serial.print

function yang termasuk komunikasi serial ini digunakan untuk meihat keluaran atau output dengan bentuk kalimat setelah kode program berhasil dieksekusi. Untuk output atau keluarandari fungsi serial.println dapat kamu akses pada fitur serial monitor pada perangkat lunak Arduino IDE. Antara function Serial.print atau function Serial.println, keduanya memiliki kegunaan yang sama, yakni memberikan visualisasi output dari kode program yang di compile. Yang membedakan adalah serial println dapat membuat output atau keluaran dari data yang dihasilkan akan di print di garis baru. Bayangkan saat kamu akan menulis kalimat baru dengan fitur enter pada keboard, bentuknya seperti new line.


void loop()
{
	Serial.println("Hello World!");
	delay(1000);

4. DigitalWrite

DigitalWrite merupakan salah satu function dalam pemrograman Arduino yang digunaka untuk memberikan keterangan nyala (HIGH) dan mati (LOW) pada pin Mode. digitalWrite akan mempengaruhi keluaran dari nyala lampu. Biasanya, digitalWrite juga dilengkapi dengan interval waktu nyala matinya lampu yang ditandai dengan delay. Jika nama variabe pada void setup adalah lampuLED, maka penulisan digitalWrite dapat dituiskan sebagai berikut:

 

digitalWrite (pinLED, HIGH);
delay(1000);
diigitalWrite (pinLED, LOW);
delay(1000);

 

Dari potongan struktur kode program di atas, dapat diketahui bahwa digitalWrite memberikan logika HIGH (nyala) atau LOW (mati) pada variabel pinLED dengan jeda waktu 1000 mili second atau 1 detik. 

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa belajar teknologi penting untuk dijadikan salah satu prioritas sebagai bagian dari usaha beradaptasi dengan perkembangan teknologi itu sendiri yang semakin masif. Ada banyak pilihan untuk mempelajari topik apa saja mengena teknologi tanpa batasan. Kali ini, kamu sudah satu langkah lebih maju dengan membaca. Kamu mengetahui empat dari function (fungsi) pada pemrograman arduino untuk bekal kamu mengenal lebih banyak jenis-jenis function pada pemrograman arduino yang lainnya. Nah, seperti itulah penjelasan mengenai beberapa function(fungsi) dari pemrograman arduino. Semoga bermanfaat dan selamat berkarya!

 

PT. Karya Merapi Teknologi


Follow sosial media kami dan ambil bagian dalam berkarya untuk negeri!

 

Sumber:


234 views0 comments

Comments


bottom of page