top of page
Search

Macam-Macam Proyek IoT dan Implementasinya


IoT_KMTek
Sumber: Builtin.com

Dari hari ke hari, teknologi semakin berkembang seiring berjalannya waktu dan hal itu tidak bisa kita hindari. Mau tidak mau, kita harus mengikutinya. Kita bisa berkaca dari kehidupan di masa lalu. Jika dulu kita hanya bisa berandai-andai untuk bisa berkomunikasi dengan mudah, saat ini hal itu sudah bukan khayalan lagi, karena hanya dengan menekan beberapa tombol saja kita sudah bisa terhubung hingga ke luar negeri. Luar biasa, bukan? Coba renungkan lagi, apa yang kalian harapkan dulu dan sekarang sudah terjadi? Ini menjadi bukti bahwa dunia berkembang begitu pesat.

Saat ini kita sudah tidak lagi terkejut dengan berbagai pekerjaan manusia yang justru dikerjakan oleh robot. Atau sesimpel menghidupkan dan mematikan lampu yang bisa dilakukan hanya dengan menepuk tangan. Bahkan kini kita sudah tidak perlu lagi khawatir pada jemuran yang akan kehujanan, atau dihukum karena terlambat berangkat ke sekolah karena saat ini sudah ada sensor yang akan menjadi alarm untuk manusia. Gila? Iya, memang sedikit gila, tetapi di zaman inilah kita hidup sekarang. Semua bisa dilakukan dengan bantuan IoT. IoT membuat setiap pekerjaan menjadi mudah dan cepat. Namun, sudahkan kalian tahu apa itu IoT?


Pengertian IoT

Internet of Things (IoT) pertama kali dicetuskan oleh Kevin Ashton, seorang pionir teknologi asal Inggris, pada tahun 1999 saat bekerja di Pusat Auto-ID Massachusetts Institute of Technology (MIT). IoT adalah sebuah konsep yang mengacu pada jaringan internet yang menghubungkan objek fisik tertetu seperti perangkat eletronik, sensor, dan berbagai objek lainnya. IoT menggunakan instruksi pemrograman yang memungkinkan perangkat untuk berintegrasi tanpa campur tangan manusia. Hal ini menghasilkan interaksi ke sesama perangkat yang terhubung secara otomatis.

Nah, kita sudah tahu pengertian terkait apa itu IoT. Sekarang, yuk kita bahas topik utama pada artikel KMTek kali ini, yaitu berbagai projek IoT yang bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.


IoT_KMTek
Sumber: Microthings.id

Macam-Macam Contoh Projek IoT

1. Sistem Monitor Rumah Pintar atau Smart Home

Munculnya alat canggih seperti ini, di latar belakangi oleh rasa cemas setiap orang ketika meniggalkan rumah seperti takut adanya maling, lampu yang lupa belum dimatikan, hingga kipas angin yang masih menyala. Untuk mengatasi kekhawatiran ini, munculah perangkat Smart Home yang terintegrasi dengan smartphone sehingga mampu kita kendalikan dari jarak jauh.


2. Penerapan Smart City

Tidak hanya pada rumah, IoT juga bisa diterapkan untuk kebutuhan publik dan pemerintah, loh. Contohnya adalah penerapan command center yang dibentuk oleh setiap pemerintah kota maupun kabupaten. Adanya command center ini memudahkan pihak terkait dalam memantau mobilitas warganya melalui pemantauan CCTV yang tersebar di berbagai titik. Hebatnya lagi, saat ini command center sudah terhubung dengan aplikasi yang dikembangkan demi memperluas saluran pada publik. Hal ini membuat cara penyampaian keluhan menjadi lebih mudah melalui berbagai saluran, tidak hanya melalui panggilan telepon, SMS, atau media sosial.


3. Smart E-Toll

Apa yang terlintas dibenak kalian jika mendengar kata smart? Sesuatu yang pintar, bukan? Iya, seperti namanya, sistem ini adalah sistem IoT yang mampu memonitoring status pada E-money dan pintu tol. Tidak hanya itu, Smart E-Toll ini juga dapat membuka pintu tol sekaligus dengan fitur scanner beam. Dengan menerapkan sistem ini, pengguna jalan dapat masuk ke pintu tol tanpa perlu mengeluarkan kartu E-toll dari mobil.

4. Smart Trash Can

Selanjutnya adalah projek yang bernama Smart Trash Can. Projek ini akan membantumu dalam mengoptimalkan pengumpulan sampah dan meminimalisir konsumsi bahan bakar. Dengan bantuan sensor pada Smart Trash Can ini, nantinya kamu bisa mendapatkan notifikasi tentang jumlah sampah dalam bak tersebut dan bagaimana suhu di dalamnya. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya?


5. Smart Bike dengan Saran Rute

Smart bike merupakan sistem yang mampu memonitor rute yang dilalui karena dilengkapi dengan teknologi IoT, sehingga akan sangat membantu para pesepeda. Untuk merealisasikan ini, sepeda dilengkapi dengan fitur WiFi, bluetooth connector, dan GPS yang terhubung dengan smartphone. Smart bike tidak hanya mampu menyarankan pemilihan rute yang aman dan nyaman, tetapi juga mampu meminimalisir terjadinya kecelakaan karena terdapat fitur deteksi kendaraan lain.

IoT_KMTek
Sumber: Cybersecurity360.it

IoT memberikan berbagai kemudahan kepada kita di berbagai aspek. Proyek-proyek di atas memberi kesempatan bagi kamu untuk belajar terkait sensor, mikrokontroler, dan konektivitas. Selain itu, teknologi juga membuka pintu bagi kita untuk eksplorasi lebih dalam pada perkembangan dunia saat ini. Itulah tadi penjelasan mengenai apa itu IoT dan macam-macam proyeknya dalam kehidupan. Semoga bermanfaat dan selamat berkarya!

 

PT. Karya Merapi Teknologi


Follow sosial media kami dan ambil bagian dalam berkarya untuk negeri!

 

Sumber:

 

 

 

468 views0 comments

Kommentare


bottom of page