top of page
Search

Macam Ancaman Cyber yang Perlu Diwaspadai Pengguna Media Sosial


Dalam memainkan sosial media, sudah barang tentu ada banyak hal-hal yang harus diwaspadai. Kita semua tahu bahwa dii dunia maya, kita dapat bertemu siapapun sekalipun virtual. Kita juga dimudahkan dalam memperoleh akses informasi apapun, baik dalam bentuk video, foto, ataupun tulisan. Di balik kemudahan dan kesenangan yang ditawarkan, ada sisi laindari sosial media yang harus kamu waspadai. Ada banyak ancaman cyber yang mengintai saat kamu berselancar di akun-akun sosial media yang kamu punya. Apakah kamu pernah merasa bingung saat akun instagrammu tidak dapat diakses secara tiba-tiba atau saat foto yang tdak kamu bagikan pada siapapun tersebar di timeline twittermu tanpa kamu ketahui?

Artikel ini akan membahas beberapa macam ancaman cyber yang perlu diwaspadai oleh kita, sebagai pengguna sosial media. Simak untuk informasi selengkapnya!

 

Pengertian Cyber Security dan Ancaman Cyber

Cyber Security dalam Bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai keamanan siber (internet) merupakan suatu tindakan untuk memberikan perlindungan atau keamanan dari adanya ancaman-ancaman yang mengintai di dunia maya. Melihat luasnya dunia maya dengan berbagai jenis karakteristik pengguna, menjadi mungkin beberapa oknum akan melakukan kejahatan siber hanya untuk kesenangan semata ataupun dengan maksud tertentu. Sedangkan ancaman cyber sendiri merupakan bentuk-bentuk praktik yang dapat membahayakan aktivitas seorang pengguna di media sosial yang didalamnya meliputi pencurian data ataupun merusak ekosistem digital.

Macam Ancaman Cyber

1. Malware

Pernahkan kamu melihat link atau tautan? Link atau tautan merupakan hal biasa yang sering kamu jumpai saat kamu beraktivitas di dunia maya. Link atau tautan akan mengantarkan kamu menuju page atau halaman yang kamu butuhkan atau ingi kamu lihat, baik untuk mencari informasi penting ataupun untuk hiburan semata. Tapi ternyata, link atau tautan dapat berisi virus yang akan aktif sesaat setelah kamu mengklik tautan tersebut. Virus yang masuk ke ponsel, laptop, atau PC memiiki jenis yang bermacam-macam, contohnya worm, ransomware, dan spyware.  Ingat, untuk jangan sembarangan mengklik link yang tidak jelasnya sumbernya. Pastikan berhat-hati agar device milikmu tidak terjangkit virus malware.

 

2. Man in the Middle (MITM)

Man in the Middle yang jika diartikan secara kasar sebagai “Pria yang berada di Tengah”. Ancaman ini sangat berbahaya karena seorang hacker akan 'menyisipkan' diri diantara dua variabel yang sedang berkomunikasi. Tujuannya untuk meretas data sehingga data-data yang dibutuhkan dapat digunakan untuk kepentigan pribadi secara ilegal. Ancaman siber berupa Man in the Middle ini akan sangat rawan terjadi jika kamu menggunakan fasilitas jaringan publik atau umum, contohnya Wi-Fi. Seringkali, pelaku Man in the Middle ini menyamar sebagai salah satu dari variabel yang berkomunikasi dengan korban.

 

3. Phising

Ancaman cyber yang satu ini pasti sering kamu jumpai. Biasanya phising dilakukan dengan mengirim pesan maupun melakukan panggilan agar korban bersedia melakukan hal-hal yang diperintahkan oleh pelaku phising. Coba ingat-ingat, apakah kamu pernah menerima pesan atau panggilan teleon dari seseorang yang tidak dikenal atau mengaku menjadi seseorang yang kamu kenal dan menawarimu uang sejumlah ratusan juta hanya dengan memberikan nomor rekening? Itu adalah salah satu contoh ancaman cyber yang perlu kamu waspadai dalam bermain sosial media.

4. Distributed Denial of Service (DDoS)

Ancaman cyber kali ini harus kamu waspadai apalagi jika kamu memiliki situs website atau pemiilik layanan online. Ini dikarenakan cara kerja dari serangan Distributed Denial of Service atau DDoS akan memberikan banyak pesan atau permintaan palsu tak terhitung dalam interval waktu tertentu sehingga kapasitas dari situs web dan device contohnya komputer tidak dapat merespon permintaan real. Bahkan, terkadang jika sudah terkena serangan ini, web dan device  akan offline atau mati secara mendadak. Serangan ini juga dapat membuat sistem server lumpuh dikarenakan spam pesan atau permintaaan palsu yang diberikan.


5. Cracking

Ancaman cyber yang satu perlu kamu waspadai salah satunya adalah cracking. Kejahatan satu ini merupakan tindakan dimana pelaku akan memasuki sistem komputer dengan cara-cara yang tidak sah atau illegal. Tujuan dari cracking adalah untuk mencuri, melihat atau merusak data milik korbn untuk kepentingan pribadi. Salah satu contohnya adalah saat akun instagram kamu tidak dapat diakses secara tiba-tiba. Ini bisa menjadi indikasi bahwa akun instagrammu telah terkena cracking.

 

  Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa sebagai pengguna media ssoial, sudah seharusnya untuk mewaspadai adanya ancaman atau kejahatan dari adanya orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang tersebar di dunia maya. Kamu harus lebih berhati-hati dalam mengklik tautan atau link, memasang proteksi lebih untuk website atau setidaknya antivirus pada device yang kamu pakai, memastikan firewall pada device milikmu untuk tetap aktif , dan jangan panik jika ada seseorang yang mangaku sebagai orang yang kamu kenal atau oknum dari organisasi tertentu mengirimu pesan atau telepon yang menanyakan data pribadimu. Atau yang paling sederhana, jangan mudah senang apabila ada Wi-Fi yang dipasang secara gratis di ruang publik. Kamu patut waspada akan ancaman serangan Man in the Middle yang dapat mengintai. Nsh, seperti itulah penjelasan mengenai beberapa ancaman cyber yang perlu diwaspadai oleh pengguna media sosial. Semoga bermanfaat dan selamat berkarya!


PT. Karya Merapi Teknologi


Follow sosial media kami dan ambil bagian dalam berkarya untuk negeri!


Sumber:



 

0 views0 comments

Comments


bottom of page