top of page
Search
zanikurnia86

Bagaimana Teknologi Mempengaruhi Industri Periklanan dan Pemasaran?

Industri periklanan dan pemasaran saat ini semakin berkembang sejalan dengan digitalisasi data yang kian pesat. Kebutuhan akan promosi suatu barang atau jasa dalam rangka mencari pelanggan atau pembeli baru terus digalakkan oleh setiap perusahaan atau orang-orang yang berkepentingan.  Semua didasarkan untuk memperoleh keuntungan. Saat ini, media promosi semakin beragam. Apalagi semenjak kemunculan situs-situs media sosial yang menawarkan banyak fitur untuk menunjang kegiatan promosi.

 

Teknologi Memudahkan Pengguna Menyebarkan dan Mendapatkan Informasi

Kemunculan situs media sosial, contohnya instagram atau twitter menjadi salah satu platform yang gencar sekali dijadikan media promosi. Aplikasi atau situs-situs seperti inilah yang membuat informasi semakin mudah untuk disebarkan maupun didapatkan oleh audiens atau target pasar dari suatu perusahaan.Mengingat dunia maya yang meski ‘tidak terlihat’, namun sangat dapat dirasakan dampaknya di dunia nyata, melakukan kegiatan periklanan dan pemasaran menjadi hal yang mudah dilakukan daripada dengan metode konvesional. Hampir setiap orang memiliki ponsel pintar yang terhubung dengan media sosial, sekalipun berbeda benua. Ini memperluas jangkauan pasar tidak hanya pada satu wilayah atau region saja. Saat ini, promosi dapat kamu lakukan tanpa harus mengeluarka tenaga berlebih, cukup klik-klik beberapa button di layar handphone maka barang atau jasa yang kamu tawarkan, sudah diiklankan ke seluruh dunia dengan siapapun yang dapat mengaksesnya.

 

Keuntungan Menggunakan Teknologi daripada Menggunakan Metode Manual

1. Hemat Biaya

Saat menggunakan metode manual, bayangkan saat kamu harus mengiklankan tentang produk baru perusahaan, biasanya hal yang dilakukan adalah  mencetak brosur sebanyak mungkin. Tentunya ini akan memakan banyak biaya produksi. Jika menggunakan teknik pemasaran atau periklanan berbasis teknologi, contohnya instagram, twitter, atau shopee, kamu hanya bermodakan kuota dan desain atau foto produk yang kamu punya.

 

2. Hemat Waktu

Dari segi persiapan, metode lama membutuhkan waktu berjam-jam atau bahkan berhari-hari untuk melakukan persiapan dengan mencetak sekian ratur brosur, prosur, atau foto produk. Selain boros biaya, waktu yang ada juga akan semakin banyak terbuang. Dengan alternatif berupa teknologi, untuk mengiklankan atau memasarkan sesuatu, hanya dalam hitungan detik, foto produkmu sudah dapat dipublish dan dapat dijangkau seluruh kalangan.

3. Jangkauan Pasar yang Lebih Luas

Seperti yang sudah kita ketahui, kini seluruh manusia dihubungkan dengan internet dan media sosial. Oleh karenanya, ketika kamu memiih memasarkan atau mengiklankan di media sosial maka jangkauan target pasar akan semakin meluas. Siapa saja dapat mengakses produk atau jasa yang kamu tawarkan, dimanapun dan kapanpun.

 

Manfaat Penggunaan Teknologi AI dalam Kegiatan Periklanan dan Pemasaran

Setelah membahas tentang platform yang biasanya digunakan untuk kegiatan periklanan atau pemasaran, pembahasan akan dilanjutkan dengan salah satu jenis teknologi yang ternyata memiliki impact besar, yakni teknologi AI atau Artificial Intelligence.

1. AI mampu Analisis Data yang Mendalam

Teknologi AI dapat digunakan untuk kepentingan menganalisis suatu data. Misalnya, dat apelanggan yang didalamnya memuat produk apa yang paling serin dibeli dan cepat sold out ataupun sebaliknya, barang mana yang kurang diminati. Bukan hanya dalam bentuk barang, isi data dapat berupa konten-konten apa saja yang paling banyak mengundang views. Dengan analisis data yang mendalam, tentunya pengguna akan lebih mengerti bagaimana mengambil keputusan untuk kegiatan periklanan atau pemasaran kedepannya.

 

2. Pengoptimalan Sosial Media

Teknologi AI memungkinkan pengoptimalan sosial media dengan membaca data-data yang tersedia di dashboard. AI akan membantu pengguna untuk mengulik grafik turun dan naiknya kondisi sosial media. Seperti keyword apa saja yang dapat digunakan untuk meningkatkan view atau mengapa konten yang diposting tidak teralu ter-blow up.

 

3. Analisis terhadap Pelanggan

Pada penggunaannya, teknologi AI bisa digunakan untuk menganalisa pendapat atau keluhan pelanggan terkait produk atau layanan yang digunakan. Ini dapat membantu untuk memprediksi apakah mayoritas pelanggan mendapat kepuasan atau justru sebaliknya. Tahap evaluasi terhadap produk atau jasa akan semakin mudah dengan teknologi AI yang mampu menganalisis pendapat pelanggan.

 

4. Membantu Menargetkan Audiens

Teknologi Ai dapat digunakan untuk menargetkan audiens mana saja yang akan melihat produk atau jasa yang diiklankan. Penargetan ini dapat dilakukan berdasarkan data dari aktivitas selama ‘online’ di media sosial termasuk di dalamnya adalah perilaku, preferensi, minat, dan demografi target. Contohnya, melakukan iklan melalui email. AI akan membuat strategi periklanan dan pemasaran menjadi lebih efektif.

  Dari artikel di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknologi memberikan banyak manfaat untuk kepentingan periklanan dan pemasaran bagi manusia. Apalagi, dengan kemunculan platform-platform online seperti twitter, instagram, shopee dan teknologi AI yang menyempurnakan proses dan strategi marketing. Jangkauan dari menggunakan platform online yang dilengkapi dengan teknoogi AI semakin meluas dengan audiens yang dapat ditargetkan..Kemudahan-dan kesenangan yang ditawarkan memberikan pengalaman terbaik bagi penggunanya. Jadi seperti itulah penjelasan mengenai hadirnya teknologi yang mempengaruhi periklanan atau pemasaran di masa kini. Semoga bermanfaat dan selamat berkarya!


PT. Karya Merapi Teknologi


Follow sosial media kami dan ambil bagian dalam berkarya untuk negeri!

 

Sumber:


 

 

 

 

418 views0 comments

Commentaires


bottom of page